Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidup



Penulis : Hikam Fajri

Segala puji hanya milik Allah Tuhan semesta alam dengan rahmat-Nya saya diberikan kesempatan untuk menulis artikel ini dengan penuh syukur.

Hidup adalah jalan dimana setiap makhluk khususnya manusia mempunyai keinginan untuk mencapai tujuan, tapi sering kali tujuannya dihalangi ujian.

Problematika dalam kehidupan tak bisa dipungkiri, setiap jiwa harus memahami kehendak ilahi. Manusia diciptakan bersifat keluh kesah, selalu mengeluh adalah tabiatnya, tapi disisi lain kita diperintahkan agar tidak mengeluh, karena manusia diberikan pikiran dan hati agar semuanya bisa diatasi.

Kekayaan materi bukanlah tujuan dalam hidup, melainkan sarana untuk mencapai tujuan yang hakiki, kekayaan ibarat salah satu anak tangga untuk menapaki anak tangga selanjutnya, itulah yang harus dipahami.

Kebanyakan manusia meyakini sesuatu yang dapat dilihat dengan kasat mata, kehidupan dunia itu terlihat yang menyebabkan manusia mengejarnya sehingga melupakan akhirat walaupun melakukan perbuatan yang hina demi mendapatkannya.

Dalam teori sekuler dan kapitalis, "akhirat itu artinya yang akhir (secara harfiyah), lantas untuk apa didahulukan?".

Dalam kitab Shaidul Khatir karya Ibnu Al-Jauzi manusia digambarkan seperti air. "Manusia itu diciptakan dalam keadaan hina sebagaimana air mencari tempat yang paling rendah, untuk mengangkat air itu butuh perjuangan".

Celakalah bagi orang yang menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya, karena yang akhir belum tentu buruk dan yang awal belum tentu baik atau sebaliknya, yang terpenting dalam hidup adalah mensyukuri apa yang telah didapat (qanaah) adalah kekayaan yang hakiki, dan istiqomahlah dalam beribadah, karena manusia diciptakan untuk beribadah kepada-Nya bukan untuk sekedar bekerja.

Wassalam..
Semoga bermanfaat khususnya untuk saya pribadi.


Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Hidup"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile