Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hujan Salah Gak Hujan Ngedumel

Gambar dari @nitarose38

Penulis : Hikam Fajri




Serba Salah

Memang jikalau kita mengikuti keinginan manusia akan selalu ada saja yang kontroversial. Keinginan setiap orang tidak akan pernah sama walaupun beda tipis, bahkan kepada diri sendiri pun kadang kita beda keinginan, niat hati ingin melupakan, tapi akal selalu memikirkan (kamu, iya kamu). Sssttt.. Bercanda, guys.

Manusia memang ditakdirkan serba salah (sering berbuat kesalahan), tapi apakah sering berbuat salah memang salah? Mungkin jawaban setiap orang berbeda [relatif]. Menurut sudut pandang saya jika seseorang berbuat salah, lantas kita langsung menghardiknya, apakah kita tidak malu terhadap diri sendiri yang sering berbuat salah?.

Dalam hadits Nabi ﷺ disebutkan :

وَعَنْ أَنَسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ» . رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ والدارمي

"Dari Anas Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda; “Setiap Anak keturunan Adam (Manusia) pasti memiliki kesalahan/dosa, dan sebaik-baik orang yang bersalah yaitu bertaubat.” 
--------------------------
(Hadits Hasan, HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Darimi, di hasankan oleh ibnu hajar dalam Bulughul Maram, di hasankan oleh Al-Albani dalam Takhrij Al-Misykah (2/724)).

Keluh Kesah Dan Kufur Nikmat

Adapun sifat manusia yang sangat kental dalam kehidupan sehari-hari adalah sering berkeluh kesah dan kufur nikmat, tidak usah jauh-jauh memberikan contoh, karena sudah ada digambar artikel ini. Ketika diturunkan hujan mereka mencibir, ketika di kasih panas malah minta diturunkan hujan.

إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا

"Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah," (Q.S. al-Ma’arij : 20).

إِنَّ الْإِنْسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ

"Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya," (Q.S. al-’Aadiyaat : 6).

Hujan Adalah Rahmat

Hujan adalah rahmat. Kadang saya dan anda malas mengambil rahmat Allah ﷻ, ketika hujan turun kita malah takut basah, sakit, dan sebagainya. Rasulullah ﷺ ketika hujan beliau mandi hujan. Bagaimana mungkin rahmat didapat kalau kita tidak ada usaha untuk mengambilnya? Bagaimana kita mau punya uang kalau tidak ada usaha untuk bekerja? Bukankah seperti itu?.

Dalam al-Quran, Allah menyebut hujan sebagai sesuatu yang diberkahi,

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

"Kami turunkan dari langit air yang berkah (banyak manfaatnya) lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam." (QS. Qaf : 9)

Allah ﷻ juga menyebut hujan sebagai rahmat,

وَهُوَ الَّذِي يُنَزِّلُ الْغَيْثَ مِن بَعْدِ مَا قَنَطُوا وَيَنشُرُ رَحْمَتَهُ وَهُوَ الْوَلِيُّ الْحَمِيدُ

"Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji." (QS. as-Syura : 28)

Dalam sebuah hadits pun diceritakan bahwasanya Rasulullah ﷺ pernah mandi hujan,

عَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه قَالَ اَصَابَنَا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَطَرٌ قَالَ فَحَسَرَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عَنْ ثَوْبِهِ حَتَّى أَصَابَهُ مِنَ الْمَطَرِ . فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ لِمَ صَنَعْتَ هَذَا قَالَ « لأَنَّهُ حَدِيثُ عَهْدٍ بِرَبِّهِ تَعَالَى » . 

"Dari Anas radhiyallahu 'anhu ia berkata: Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah ﷺ, lalu Rasulullah ﷺ membuka bajunya sehingga tersiram air hujan. Kami pun bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau lakukan ini?” Beliau ﷺ menjawab, “Karena hujan itu baru datang dari Tuhannya (Allah) Ta'ala.” (HR. Muslim: 2083).

Penutup

"Akhir kata, tidak ada manusia yang tidak berkeluh kesah.
Andai kata mereka mempunyai harta sebesar gunung, pastilah hati mereka akan gelisah.

Hujan bukanlah penghalang untuk tidak bisa beraktivitas, sayangnya kita terkadang mempunyai sifat malas.
Bersyukurlah jika masih punya akal yang waras." 
(Sajak : Hikam Fajri).


Wassalam...

Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Hujan Salah Gak Hujan Ngedumel"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile