Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uang Receh

Uang Receh


Penulis : Hikam Fajri



*Loyalitas Uang Receh*

Seberapa besar kita menghargai uang receh? Kadang uang recehan membuat sebagian orang ilfil pada orang yang memilikinya.

"Kayak orang susah aje lu duit recehan disimpen." Pernyataan sebagian orang.

Jangan anggap remeh uang receh, sebab yang receh akan hadir disaat kita benar-benar butuh. Uang ratusan ribu hanya menemani disaat kita mampu. Nominalnya memang kecil, bahkan tidak berharga bagi sebagian orang, tapi keberadaannya mampu memberikan manfaat pada setiap orang, jika kita pandai bersyukur.

Emas lebih berharga dari kayu secara kasat mata, tapi seumpama kita hampir tenggelam, maka kayu yang kita cari sebagai pegangan bukan emas yang sering tertidur lelap dalam kotak perhiasan. Begitulah kira-kira perumpamaan uang receh yang sering dianggap remeh dan hampir tidak dianggap pada harta warisan.

Hamba Uang?




Saya bukanlah penghamba uang, tapi sebagai bentuk rasa syukur saya atas salah satu rezeki yang telah Allah ﷻ berikan kepada saya berupa materi (uang), sungguh tidak etis sekali jika saya memandang sebelah mata uang receh. Beruntung lah orang yang miskin materi, karena sekecil apapun yang diberikan Allah ﷻ dia lebih bisa pandai mensyukuri.

Hamba uang atau disebut juga materialis adalah menjadikan uang sebagai tolok ukur bertemannya sesama manusia. Ingatkah dia ketika lahir? Saya rasa dia tidak ingat ketika lahir begitu pun saya, yang menyebabkan kita kurang bersyukur. Padahal, ketika lahir tidak ada sepeser rupiah pun yang ada di genggaman tangannya, tak sehelai benang pun yang melekat ditubuhnya, dan tak secuil perhiasan pun yang menghiasinya, yang ada hanyalah tangisan untuk meminta bantuan orang disekitarnya.

Jika uang telah menutupi hati, maka cara pandang pun akan berbeda. Materi akan menjadi tujuan hal yang istimewa. Uang itu bukan segalanya, tapi segalanya butuh do'a dan usaha. Selamat beraktivitas, jangan jadikan uang sebagai pembatas, kita adadalah bebas, salam dari kopi yang masih panas.

#Ngopi
Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

1 komentar untuk "Uang Receh"

  1. uang receh bagiku sangat berharga, dimana uang tersebut sering saya gunakan untuk pengamen jalanan, membantu membangun jembatan, dan juga menolong tetangga kita yang sedang kesusahan.

    BalasHapus

Berlangganan via Email

close
close
Getfile