Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KORBAN WABAH PASTI PENDOSA?

Gambar Islam News Update


Sumber : Islam News Update


Mungkin ada sebagian umat islam yang berpendapat bahwa siapapun orang yang terkena wabah penyakit , adalah para pendosa yang terlaknat. Benarkan pendapat itu? mari kita lihat apa yang disampaikan oleh kanjeng Nabi Muhammad shollallaahu ‘alaihi wa sallam. beliau bersabda:

ما من مسلم يصيبه أذى من مرض فما سواه إلا حط الله به سيئاته ، كما تحط الشجرة ورقها

Tidaklah ada seorang muslim yang tertimpa gangguan beritu berupa sakit ataupun selain itu, kecuali pasti Allah hapus dengan ganngguan itu kesalahan-kesalahannya, sebagaimana jatuhnya dedaunan dari pohon.
(Shahih Muslim)

Maknanya, siapapun kaum muslimn yang bersabar dan berbaik sangka kepada Allah pada waktu ditimpakan musibah, maka kesalahannya dihapus oleh Allah ta’ala. dalam hadits yang lain Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
الطَّاعُونُ شَهَادَةٌ لِكُلِّ مُسْلِمٍ

Penyakit wabah adalah (jalan) kesyahidan bagi setiap muslim (yang tertimpa)
(shahih Bukhari)

Sehingga siapapun muslim yang menderita wabah penyakit, dan dia menerima penuh dengan ketaatan kepada Allah, maka pahalanya bagaikan orang yang mati syahid. Rasulullaah shollallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

الطاعون بقية رجز أو عذاب أرسل على طائفة من بنى إسرائيل فإذا وقع بأرض وأنتم بها فلا تخرجوا منها فرارًا منه وإذا وقع بأرض ولستم بها فلا تهبطوا عليها

Wabah adalah sisa hukuman atau siksa yang Allah kirimkan kepada sekelompok bani Israil, maka apabila terjadi wabah di suatu wilayah dan kalian ada di dalam wilayah itu, maka jangankan kalian lari keluar. Sedangkan apaibla wabah terjadi dan kalian tidak ada di dalamnya maka janganlah kalian pergi menuju negeri itu.
(shahih Bukhari)

Rasulullaah shollallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

الطاعون كان عذابًا يبعثه الله على من يشاء وإن الله جعله رحمة للمؤمنين فليس من أحد يقع الطاعون فيمكث فى بلده صابرًا محتسبًا يعلم أنه لا يصيبه إلا ماكتب الله له إلا كان له مثل أجر شهيد

Wabah penyakit kolera adalah siksa yang Allah berikan kepada orang yang dikehendaki oleh Allah, dan sesungguhnya Allah pun  menjadikannya sebagai rahmat bagi kaum mukminin. Maka tidak ada seorang pun yang tertimpa wabah kemudian dia tingal di negeri itu dengan penuh sabar dan mengharapkan pahala dari Allah, dan dia tahu bahwa tidak ada yang menimpanya dari musibah kecuali ketetapan Allah, kecuali dia mendapatkan pahala seperti pahala mati syahid (dalam peperangan)
(Shahih Bukhary)

Kesimpulannya:
1. Muslim yang terkena musibah dan dia bersabar serta mengharap pahala Allah, Allah berikan pahala besar kepada orang itu, bahkan apabila dia mati karenanya maka pahalanya setara dengan orang yang mati syahid.
2. Para pendosa atau kafir yang mati karena wabah, dan dia tidak bertaubat kepada Allah sebelum kematiannya, maka wabah itu adalah hukuman dari Allah di dunia sebelum di akhirat.

Sehingga tidak semua orang yang terkena wabah adalah kaum terlaknat, sebagaimana pula tidak semua orang yang selamat dari wabah adalah manusia sholeh.
Orang yang baik adalah orang yang apabila terkena musibah, dia bersabar dan mengharap pahala dari Allah, dan apabila dia selamat dari musibah dia bersyukur dan peduli kepada para korban dengan mengharap pahala dari Allah ta’ala.

Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "KORBAN WABAH PASTI PENDOSA?"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile