Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Malah Ngantuk Setelah Makan ?

Gambar dari Pixabay


Sumber : Dr. Zaidul Akbar
Editor    : Hikam Fajri


Jadi gini, tubuh kita dalam kondisi seimbang mampu mengolah energi yang masuk untuk kebutuhan badan, pengelolaan energi ini (dari makanan pastinya) memerlukan berbagai macam komponen-komponen dalam Tubuh, paling utamanya enzim.

Ketika yang dikonsumsi sudah minus enzim atau bahkan tidak ada enzim sama sekali, maka tubuh mengeluarkan cadangan enzim yang ada , enzim sendiri bahan bakunya asam amino, jadi bisa dibayangkan kalau seandainya yang dimakan itu malah nguras enzim di badan, maka otomatis tubuh kerja keras untuk buat enzim baru lagi dengan cara istirahat atau tidur. Itulah rahasia mengapa Allah memberikan tidur buat kita.

Jadi sejatinya, makanan yang merupakan energi membuat tubuh semakin kuat dan bertenaga, tapi ketika pengolahnya tidak ada, tubuh minta istirahat dulu alias tidur karena berat di olah. Itulah sebabnya yang tubuhnya minus enzim atau defisit berat enzim pasti akan ngantuk setelah makan makanan “berat” yang tidak ada enzim lagi disitu atau “nyawa” makanananya udah sirna.

Jadi penyebab dari mengantuk setelah makan itu ada 2


  1. Makanan atau minuman yang dimakan memang sudah tidak ada enzim lagi atau sedikit banget enzimnya , atau
  2. Yang makan itu memang kondisi pencernaannya minus enzim sehingga akhirnya tubuh “tutup toko” dulu alias istirahat untuk mengolah dan mengelola makanan yang masuk.


Kurang lebih gitu, terus solusinya apa ?



  • Berpuasa atau membiasakan lapar adalah salah satu cara mengaktifkan atau merefresh enzim.
  • Makanlah makanan yang tinggi enzim sebelum anda makan seperti buah yang ditambahkan madu, cabe, atau minumlah air hangat sebelumnya untuk memperlancar proses pengolahan makanan tersebut, air jahe juga bisa. Karena hampir sebagian besar enzim kita kekuras dari bahan aditif sintetik di makanan minuman selama ini, akhirnya tubuh defisit enzim.


Dan kalau kondisi ini dibiarkan terus menerus maka lama lama akan terjadi kelemahan organ dan berbuntut penyakit.

Cukup jelas ya..

Jadi logika sederhana gini, masuk makanan harusnya bertenaga tapi malah jadi lemas dan ngantuk , berarti ada yang tidak beres kan dipencernaan, begitulah kurang lebih kondisinya.

Nah, tubuh kita sebenanrya sudah ada mekanisme lock and key chain, ya bahasa saya kalau dalam istilah bangunan, ada jantan dan betinanya, udah klik dan klop. Begitulah reseptor-reseptor dalam tubuh kita yang tersusun atas asam amino.

Nah , semua bahan-bahan non organik alias yang bukan dari alam, baik dari makanan, obat-obatan, minuman, kosmetik, yang sifatnya kimia sintetik, akan mengambil peran di jantan betina tadi, artinya , bisa saja dia mengambil peran sebagai jantan atau betinanya (lock and key chain).

Sekali lagi ya, semakin banyak peran lock keychain ini diambil alih oleh bahan kimia sintetik tadi, maka tubuh akan bereaksi. Siapa yang bereaksi pertama kali ? Ya wajah kita. Wajah kita ngomel-ngomel, marah-marah, maka dia lontarkan pijaran-pijaran dari wajah itu. Hehehe, berupa apa ? Ya tadi itu, bentol-bentol, gatal-gatal, mual, diare, itulah bentuk tanda bahwa banyak peran jantan betina tadi diambil alih, intinya mau seperti apa bagusnya herbal atau produk alami yang dimakan, klo jantan betina ini sudah bermasalah, maka ngomel-ngomel lah dia dengan keluhan di tubuh kita.

Jelas ya ? Lalu bagaimana kita mengembalikan lock and key chain tadi agar berperan normal kembali ?



  1. Stop semua junkfood, termasuk makanan penguras enzim sseperti gula pasir, tepung putih.
  2. Mulai biasakan dan perbanyak minum infusan water berbagai buah dan rimpang (jahe, kunyit, dll)
  3. Air hangat dan madu atau air hangat dan perasan jeruk nipis menjadi solusi untuk clean up pencernaan.
  4. Minum air alkali pH 7 keatas, sehari minimal 2 liter.
  5. Air kelapa + garam himalaya ( seujung sendok teh, dikit aja) + 1sdm madu juga menjadi solusi membersihkan pencernaan.
  6. Habatusauda kapsul serbuk 3 kali sehari dilarukan dalam air hangat, setiap minum 1 kapsul serbuk tersebut dibuka dan di aduk rata dalam air.


Seminggu saja anda kerjakan ini,  insyaAllah pencernaan akan jauh lebih kinclong asal istiqomah saja. Coba saja, nanti setan yang mengganggu dan menggoda bakal lebih banyak. Semoga Allah perbaiki pencernaan kita ya.

Seandainya banyak yang tahu manfaat dari Minuman ini, niscaya banyak yang akan Bebas dari hal berikut :


  • Masalah Pencernaan (Maag, sembelit)
  • Masalah keasaman di tubuh
  • Masalah enzim


Dan jika “hal simpel” Diatas saja sudah hilang, maka otomatis anda sudah punya tubuh yang jauh lebih sehat.

Mudah banget buatnya.



  • 1-2 jeruk nipis kuning lokal diperas.
  • 2 sendok makan madu atau sampai manis
  • Seujungan sendok teh garam himalaya 
  • Air 300-400ml


Bagusnya saran saya di masukan botol semuanya lalu teman-teman kocok-kocok sampai larut semua, lalu minum. Kapan minumnya ? Terbaik waktu pagi hari saat perut kosong. Banyak “keajaiban” dari ramuan ini sebenarnya diluar yang tadi saya jelaskan.

Coba yaa... Kan asam rasanya ? Coba saja dulu dibuat manis kan tadi perintahnya..

Bahagiakan perut hari ini yaa..
Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Mengapa Malah Ngantuk Setelah Makan ?"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile