Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wabah Penyakit Akan Terangkat Antara Bulan Mei Sampai Juni InsyaAllah, Wallahua'lam.

Gambar Pixabay

Sumber : Ust. Nawi
Editor : Hikam Fajri


Berikut penjelasannya yang saya kutip dari kitab Syarhu Musykilil Atsar Karya Ath Thahawi

بَابُ بَيَانِ مُشْكِلِ مَا رُوِيَ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي طُلُوعِ النَّجْمِ الَّذِي تَرْتَفِعُ بِطُلُوعِهِ الْعَاهَةُ أَوْ تَخِفُّ أَيُّ النُّجُومِ هُوَ

Bab penjelasan kemusykilan apa yang telah diriwayatkan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang terbit bintang yang terangkat dengan sebab terbitnya segala penyakit atau menjadi berkurang, bintang apakah itu?

2282 - حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا إسْمَاعِيلُ بْنُ سَالِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو حَنِيفَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَطَاءُ بْنُ أَبِي رَبَاحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "إِذَا طَلَعَ النَّجْمُ رُفِعَتِ الْعَاهَةُ عَنْ أَهْلِ كُلِّ بَلَدٍ" قَالَ أَبُو جَعْفَرٍ: فَتَأَمَّلْنَا هَذَا الْحَدِيثَ فَلَمْ نَجِدْ فِيهِ ذِكْرَ ذَلِكَ النَّجْمِ أَيُّ النُّجُومِ هُوَ؟ فَطَلَبْنَاهُ فِي غَيْرِهِ مِنَ الْأَحَادِيثِ

2282. Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Dawud, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Salim, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin al Hasan, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Abu Hanifah, dia berkata : telah menceritakan kepada kami 'Atha bin Abi Rabah, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata : telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : "apabila bintang itu terbit maka diangkat segala penyakit dari penghuni tiap negeri". Telah berkata Abu Ja'far : aku telah merenungkan hadits ini, lalu aku tidak mendapati padanya penyebutan bintang itu, bintang apakah itu? Lalu aku mencarinya di hadits-hadits lain.

2283 - حَدَّثَنَا يُونُسُ، قَالَ: أَنْبَأََنَا ابْنُ وَهْبٍ، (ح) وَحَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْمُرَادِيُّ، قَالَ:حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، قَالَ: يُونُسُ أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، وَقَالَ الرَّبِيعُ: حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ،  عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سُرَاقَةَ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ بَيْعِ الثِّمَارِ حَتَّى تَذْهَبَ الْعَاهَةُ. قَالَ: فَسَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ مَتَى ذَلِكَ؟ قَالَ: طُلُوعَ الثُّرَيَّا "

2283. Telah menceritakan kepada kami Yunus, dia berkata : telah memberitahukan kepada kami Ibnu Wahb (ha) dan telah menceritakan kepada kami ar Rabi' bin Sulaiman al Muradi, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Khalid bin 'Abdirrahman; telah berkata Yunus : telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abi Dzi'b; dan telah berkata ar Rabi' : telah menceritakan kepada kami Ibnu Abi Dzi'b, dari 'Utsman bin 'Abdillah bin Suraqah, dari 'Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang menjual buah-buahan sampai penyakit itu hilang. Dia ('Utsman) berkata : lalu aku bertanya kepada 'Umar kapankah itu? Dia berkata : ketika terbit bintang kartika".

2284 - وَوَجَدْنَا الْمُزَنِيَّ قَدْ حَدَّثَنَا قَالَ: حَدَّثَنَا الشَّافِعِيُّ , قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ , ثُمَّ ذَكَرَ بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ. قَالَ أَبُو جَعْفَرٍ: عَبْدُ اللهِ بْنُ عُمَرَ هُوَ خَالُ عُثْمَانَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سُرَاقَةَ.
2284. Dan kami telah menemui al Muzani sungguh dia telah menceritakan kepada kami, dia berkata : telah menceritakan kepada kami asy Syafi'i, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Isma'il, dari Ibnu Abi Dzi'b, kemudian dia menyebutkan isnadnya sepertinya. Telah berkata Abu Ja'far : 'Abdullah bin 'Umar adalah paman 'Utsman bin 'Abdullah bin Suraqah.

2285 - وَحَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مَرْزُوقٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا  أَبُو عَامِرٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، ثُمَّ ذَكَرَ بِإِسْنَادِهِ مِثْلَهُ. قَالَ أَبُو جَعْفَرٍ: فَعَقَلْنَا بِذَلِكَ أَنَّهُ الثُّرَيَّا، وَعَقَلْنَا بِهِ أَيْضًا أَنَّ الْمَقْصُودَ بِرَفْعِ الْعَاهَةِ عَنْهُ هُوَ ثِمَارُ النَّخْلِ، ثُمَّ طَلَبْنَا فِي غَيْرِ هَذَا الْحَدِيثِ أَيْضًا مِنَ الْأَحَادِيثِ هَلْ نَجِدُ لِوَقْتِ طُلُوعِهَا مِنَ اللَّيْلِ ذِكْرًا أَمْ لَا؟

2285. Dan telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Marzuq, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Abu 'Amir, dari Ibnu Abi Dzi'b, kemudian dia menyebutkan isnadnya sepertinya. Telah berkata Abu Ja'far : lalu kami memikirkan itu bahwa (bintang) itu adalah bintang kartika, dan kami juga memikirkannya bahwa yang dimaksud dengan mengangkat penyakit darinya adalah buah-buah kurma, kemudian kami mencari selain hadits ini dari beberapa hadits, apakah ada kami mendapati waktu terbitnya, di waktu malamkah tersebut atau tidak?

2286 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيْبُ بْنُ خَالِدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عِسْلُ بْنُ سُفْيَانَ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

2286. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Ali bin Dawud, dia berkata : telah menceritakan kepada kami 'Affan bin Muslim, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Wuhaib bin Khalid, dia berkata : telah menceritakan kepada kami 'Isl bin Sufyan, dari 'Atha, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bersabda :
"مَا طَلَعَ النَّجْمُ صَبَاحًا قَطُّ وَتَقُومُ عَاهَةٌ إِلَّا رُفِعَتْ عَنْهُمْ أَوْ خَفَّتْ".

"Tidak pernah terbit bintang itu di waktu subuh dan terjadi segala penyakit melainkan diangkat dari mereka atau menjadi ringan".
فَعَقَلْنَا بِذَلِكَ أَنَّهُ عَلَى طُلُوعِهَا صَبَاحًا طُلُوعًا يَكُونُ الْفَجْرُ بِهِ، وَطَلَبْنَا فِي أَيِّ شَهْرٍ يَكُونُ فِيهِ ذَلِكَ مِنْ شُهُورِ السَّنَةِ عَلَى حِسَابِ الْمِصْرِيِّينَ؟

Lalu kami memikirkan itu bahwa dia  terbitnya di waktu subuh sebagaimana fajar itu terjadi dengannya, lalu kami mencari pada bulan apakah itu terjadi padanya dari bulan-bulan dalam setahun menurut hitungan (kalender) orang-orang mesir?
فَوَجَدْنَاهُ بَشَنْسَ، وَطَلَبْنَا الْيَوْمَ الَّذِي يَكُونُ فِيهِ ذَلِكَ فِي طُلُوعِ فَجْرِهِ مِنْ أَيَّامِهِ فَوَجَدْنَاهُ الْيَوْمَ التَّاسِعَ عَشَرَ مِنْ أَيَّامِهِ،

Lalu kami mendapatinya bulan basynas (Bashans), dan kami mencari hari yang itu terjadi padanya waktu terbit fajarnya dari hari-harinya, lalu kami mendapati hari kesembilan belas dari hari-harinya,
وَطَلَبْنَا مَا يُقَابِلُ ذَلِكَ مِنَ الشُّهُورِ السُّرْيَانِيَّةِ الَّتِي يَعْتَبِرُ أَهْلُ الْعِرَاقِ بِهَا ذَلِكَ فَوَجَدْنَاهُ أَيَارَ ,

Dan kami mencari apa yang membandingi itu dari bulan-bulan suryaniyyah yang orang-orang 'Iraq gunakan untuk itu (hitungan kalender), lalu kami mendapatinya bulan ayar, 

وَطَلَبْنَا الْيَوْمَ الَّذِي يَكُونُ ذَلِكَ فِي فَجْرِهِ فَإِذَا هُوَ الْيَوْمُ الثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ أَيَّامِهِ ,
Dan kami mencari hari yang itu terjadi pada waktu fajarnya, lalu tiba-tiba dia hari kedua belas dari hari-harinya,

وَهَذَانِ الشَّهْرَانِ اللَّذَانِ يَكُونُ فِيهِمَا حَمْلُ النَّخْلِ - أَعْنِي بِحَمْلِهَا إِيَّاهُ ظُهُورَهُ فِيهَا لَا غَيْرَ ذَلِكَ - وَتُؤْمَنُ بِالْوَقْتِ الَّذِي ذَكَرْنَاهُ مِنْهُمَا عَلَيْهَا الْعَاهَةُ الْمَخُوفَةُ عَلَيْهَا كَانَتْ قَبْلَ ذَلِكَ , وَاللهَ عَزَّ وَجَلَّ نَسْأَلُهُ التَّوْفِيقَ.

Dan dua bulan inilah yang pada keduanya membawa buah kurma -aku maksudkan membawanya (buah kurma) pada (hari)nya yang dia (bintang itu) muncul padanya (bulan itu) tidak selain itu - dan menjadi aman dengan waktu yang kami sebutkan dari keduanya yang atasnya penyakit yang ditakuti, yang atasnya terjadi sebelum itu, dan hanya kepada Allah 'Azza wa Jalla kami memohon taufik kepadaNya.

وَمَا وَجَدْنَا حَدِيثَ عِسْلٍ هَذَا بِزِيَادَةٍ عَلَى مَا حَدَّثَ بِهِ عَفَّانَ مِنْهُ

Dan kami tidak mendapati hadits 'Isl ini tambahan atas apa yang dia telah ceritakan kepada 'Affan dengannya.

2287 - كَمَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خُزَيْمَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْمُعَلَّى بْنُ أَسَدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، عَنْ عِسْلٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا طَلَعَتِ الثُّرَيَّا صَبَاحًا رُفِعَتِ الْعَاهَةُ عَنْ أَهْلِ الْبَلَدِ ". فَفِي هَذَا الْحَدِيثِ مَا دَلَّنَا عَلَيْهِ حَدِيثُ سُرَاقَةَ وَمَا فِي حَدِيثِ عَفَّانَ الَّذِي رَوَيْنَاهُ عَنْ وُهَيْبٍ. وَاللهَ نَسْأَلُهُ التَّوْفِيقَ.

2287. Sebagaimana telah memceritakan kepada kami Muhammad bin Khuzaimah, dia berkata : telah menceritakan kepada kami 'al Mu'alli bin Asad, dia berkata : telah menceritakan kepada kami Wuhaib, dari 'Isl, dari 'Atha, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata : telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam : "apabilanl bintang kartika terbitmdi waktu subuh maka segala penyakit diamgkat dari tiap penghuni negeri". Dan pada hadits ini tidak menunjukkan kepada kita atasnya hadits Suraqah, dan tidak ada pada hadits 'Affan yang kami telah meriwayatkannya dari Wuhaib. Dan hanya kepada Allah kami memohon taufik..

Catatan :
- Bashans Adalah bulan kesembilan dari kalender Mesir dan Koptik kuno . Itu berlangsung antara 9 Mei dan 7 Juni di kalender Gregorian .
(Wikipedia)

- Bulan Ayar sebelum bulan haziran (kamus al Muhith), bulan haziran maksudnya bulan juni. (Wikipedia).
Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Wabah Penyakit Akan Terangkat Antara Bulan Mei Sampai Juni InsyaAllah, Wallahua'lam."

Berlangganan via Email

close
close
Getfile