Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Kesabaran

Cara Melatih Kesabaran

Ujian Kesabaran


Ujian kesabaran memang tak pernah terjadwalkan dan selalu datang dadakan tak sama dengan tahu bulat di jual lima ratusan. Hehe.. Oleh karena itu disini saya akan memberikan kiat-kiat untuk melatih kesabaran khususnya pembelajaran untuk saya pribadi.


8 Cara Melatih Kesabaran


Adapun caranya silahkan simak uraian berikut,

 


  • Mengikhlaskan niat kepada Allah SWT.

  • Perbanyak tilawah (baca; membaca) Al-Qur'an, baik pada pagi, siang, sore ataupun malam hari. Akan lebih optimal lagi manakala bacaan tersebut dilengkapi perenungan dan pentadaburan.

  • Memperbanyak puasa sunnah. Puasa merupakan ibadah yang memang secara khusus dapat melatih kesabaran.

  • Mujahadatun nafs, yaitu sebuah usaha yang dilakukan insan untuk berusaha mengalahkan nafsu yang cenderung suka kepada hal-hal negatif, seperti malas, marah, kikir, dan sebagainya.

  • Mengingat-ingat kembali tujuan hidup di dunia. Karena hal ini akan memacu insan untuk beramal secara sempurna.

  • Perlu mengadakan latihan-latihan sabar secara pribadi. Seperti saat sedang sendiri dalam rumah, bergeraklah ke dalam ibadah dari pada menyaksikan televisi misalnya. kemudian diri melatih untuk menyisihkan sebagian untuk infaq fi sabilillah, dan lain sebagainya.

  • Membaca-baca kisah –kisah kesabaran para sahabat, tabi'in maupun tokoh-tokoh islam lainnya.

  • Cara menjadi orang sabar yang terakhir pembahasan memahami emosi dan pernafasan. Kenapa pernafasan? Yaa. pernafasan akan membuat seseorang lebih sabar. Contohnya ketika mau marah karena buku yang dipinjam teman hilang.

Coba terik nafas panjang lalu keluarkan lewat hidung, lakukan berulang ulang dan akhirnya tidak jadi marah, sabar pun akan muncul kemudian dengan keyakinan Allah akan mengganti buku yang hilang dengan yang lebih baik. Emosi yang terkendali dari pernafasan akan merilekskan otot yang tegang.



Penutup


Kesabaran itu tidak ada batasnya, hanya saja kita sendiri yang membatasi.


Mungkin hanya itu yang bisa saya berikan. Sekian dan terima kasih telah berkunjung.

Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Cara Melatih Kesabaran"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile