Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat BPJS Online



Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengantre di kantor BPJS Kesehatan, Anda bisa masuk ke situs BPJS atau mengunduh aplikasi ‘Mobile JKN’ di ponsel. Namun, pastikan Anda terlebih dahulu memiliki nomor ponsel dan alamat e-mail yang valid dan aktif. Jika sudah, berikut cara membuat BPJS yang bisa Anda ikuti: Buka aplikasi lewat telepon pintar atau situs BPJS Kesehatan dari telepon pintar maupun laptop.

Isi data yang telah disediakan dengan benar, termasuk data diri, alamat, pilihan kelas, serta fasilitas kesehatan tingkat I yang Anda inginkan, dan lain-lain.

Simpan data Anda, kemudian tunggu e-mail yang berisi notifikasi nomor registrasi dan virtual account (VA), kemudian cetak lembar tersebut.

Lakukan pembayaran melalui VA, teller bank, maupun ATM, kemudian simpan bukti pembayaran tersebut.

Anda kembali akan mendapat e-mail yang memberi tahu bahwa kepesertaan BPJS Anda sudah aktif. Anda juga akan mendapat e-ID Card BPJS yang bisa Anda cetak sendiri.

Peserta Penerima Upah (PPU)

Bagi penerima upah, pihak perusahaan lah yang perlu mendaftarkan karyawan dan anggota keluarganya. Perwakilan perusahaan bisa datang ke kantor BPJS dengan membawa dokumen:

Formulir pendaftaran badan usaha dan badan hukum lainnya. Data migrasi karyawan dan keluarganya sesuai dengan format dari BPJS.

Setelah itu, perusahaan perlu membayar lewat Virtual Account dan kartu JKN bisa dicetak.
Kamu yang takut dan malas menghadapi antrean panjang di kantor BPJS Kesehatan, daftar secara online aja. Ada dua cara yang bisa kamu pakai, yaitu pendaftaran lewat aplikasi Android atau lewat website resmi.

Website resmi

Berikut ini cara daftar BPJS Kesehatan online di website.

Siapkan Kartu Keluarga, KTP, alamat email dan nomor handphone yang aktif. Buka halaman BPJS Kesehatan atau daftar.bpjs-kesehatan.go.id untuk mendapatkan Formulir Isian Peserta (FIP).Pilih formulir yang sesuai dengan profilmu dan isi data dengan benar. Simpan dan silakan tunggu email notifikasi. Jika sudah dapat, kamu bakal dapat nomor virtual account. Lakukan pembayaran sesuai petunjuk. Begitu selesai bayar, BPJS kamu sudah aktif dan kamu bisa mencetak E-ID Card BPJS sendiri atau di kantor BPJS.

Aplikasi Mobile JKN BPJS

Ini cara daftar BPJS Kesehatan online lewat aplikasi Android, sehingga kamu bisa mendaftar lewat HP. Praktis, bukan?

Unduh aplikasi Mobile JKN BPJS di Play Store. Buka aplikasi tersebut dan pilih menu Pendaftaran Peserta Baru. Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP dan nama anggota keluargamu otomatis akan muncul. Isi data-data yang diminta. Isi kolom alamat email, nomor hp, lalu kamu akan mendapatkan nomor Virtual Account untuk melakukan pembayaran. Nomor peserta akan kamu terima, jika terjadi kendala, silakan hubungi 1500 400. Masuk lagi ke aplikasi Mobile JKN BPJS, lalu melakukan pendaftaran pengguna. Kamu bakal mendapatkan e-ID dan bisa mencetaknya.

Pengambilan Kartu JKN

Pengambilan kartu BPJS dapat dilakukan dengan melengkapi formulir pendaftaran di kantor cabang dan membawa:

Fotokopi KTP dan KK (atau akta kelahiran) masing-masing 1 lembar. Pas foto ukuran 3×4 1 lembar. E-ID yang telah dicetak. Bukti pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala dalam membuat BPJS, Anda bisa menghubungi BPJS Care Center 24 jam di nomor 1-500-400. Setelah kartu kepesertaan Anda aktif, jangan lupa untuk membayar iurannya rutin setiap bulan.

Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat BPJS Online"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile