Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Blog Singkat

Gambar dari Pixabay



Tahukah kamu apa itu blog? Jika tidak, kamu telah datang ke tempat yang tepat. Pada tahun 1994, ketika blog dimulai, blog lebih merupakan buku harian pribadi yang dibagikan orang secara online. Dalam jurnal online ini, Anda dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari atau berbagi tentang hal-hal yang Anda lakukan. Kemudian, orang melihat peluang untuk mengkomunikasikan informasi dengan cara baru secara online. Maka dimulailah dunia blogging yang indah.

Saat ini, ada lebih dari 600 juta blog di web . Jumlah blogger di Amerika Serikat sendiri ditetapkan untuk mencapai 31,7 juta pengguna pada tahun 2020 .

Apa itu Blog?

Definisi blog

Blog (versi singkat dari "weblog") adalah jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan posting terbaru muncul pertama, di bagian atas. Ini adalah platform di mana seorang penulis atau sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Apa tujuan blog?

Ada banyak alasan untuk memulai blog untuk penggunaan pribadi dan hanya sedikit alasan kuat untuk blog bisnis. Blogging untuk bisnis, proyek, atau apa pun yang mungkin menghasilkan uang bagi kamu memiliki tujuan yang sangat mudah - untuk memberi peringkat situs web kamu lebih tinggi di SERPs Google, alias meningkatkan visibilitas kamu.

Sebagai bisnis, kamu mengandalkan konsumen untuk terus membeli produk dan layanan Anda. Sebagai bisnis baru, Anda mengandalkan blog untuk membantu Anda menjangkau calon konsumen dan menarik perhatian mereka. Tanpa blog, situs web kamu tidak akan terlihat, sedangkan menjalankan blog membuat kamu dapat dicari dan kompetitif.

Jadi, tujuan utama blog adalah menghubungkan kamu dengan audiens yang relevan. Satu lagi adalah untuk meningkatkan lalu lintas Anda dan mengirim arahan berkualitas ke situs web kamu.

Semakin sering dan lebih baik posting blog kamu, semakin tinggi peluang situs web Anda ditemukan dan dikunjungi oleh audiens target kamu. Ini berarti bahwa blog adalah alat penghasil prospek yang efektif. Tambahkan ajakan bertindak (CTA) yang bagus ke konten kamu, dan itu akan mengubah lalu lintas situs web kamu menjadi prospek berkualitas tinggi. Blog juga memungkinkan Anda untuk menunjukkan otoritas niche kamu dan membangun merek.

Ketika kamu menggunakan pengetahuan khusus untuk membuat artikel yang informatif dan menarik, itu membangun kepercayaan dengan audiens. Blogging yang bagus membuat bisnis kamu terlihat lebih kredibel, yang sangat penting jika merek kamu masih baru dan tidak terlalu dikenal. Ini memastikan kehadiran online dan otoritas khusus pada saat yang sama.

Struktur blog

Tampilan blog telah berubah seiring berjalannya waktu, dan saat ini blog menyertakan berbagai macam item dan widget. Namun, kebanyakan blog masih menyertakan beberapa fitur dan struktur standar.

Berikut adalah fitur umum yang akan disertakan pada blog:

Header dengan menu atau bilah navigasi.
Area konten utama dengan posting blog yang disorot atau terbaru.
Sidebar dengan profil sosial, konten favorit, atau ajakan bertindak.
Footer dengan link yang relevan seperti disclaimer, kebijakan privasi, halaman kontak, dll.




Contoh di atas adalah struktur dasar blog rata-rata. Setiap item memiliki kepentingannya sendiri dan membantu pengunjung untuk menavigasi blog Anda.

Blog dan situs web

Banyak orang masih bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara blog dan situs web. Apa itu blog dan apa itu situs web? Bahkan lebih menantang untuk membedakan keduanya saat ini. Banyak perusahaan juga mengintegrasikan blog ke dalam situs web mereka, yang semakin membingungkan keduanya.

Apa yang membedakan blog dari situs web?

Blog perlu sering diperbarui. Contoh bagusnya termasuk blog makanan yang membagikan resep makanan atau perusahaan yang menulis tentang berita industri mereka.

Blog juga mempromosikan keterlibatan pembaca. Pembaca memiliki kesempatan untuk mengomentari dan menyuarakan keprihatinan dan pemikiran mereka yang berbeda kepada komunitas. Pemilik blog memperbarui situs mereka dengan posting blog baru secara teratur.

Di sisi lain, situs web terdiri dari konten yang disajikan pada halaman statis. Pemilik situs statis jarang mengupdate halamannya.

Elemen kunci yang mengidentifikasi posting blog dari halaman situs web statis termasuk tanggal penerbitan, referensi penulis, kategori, dan tag dalam byline. Meskipun tidak semua posting blog memiliki semua elemen byline tersebut, halaman situs web statis tidak memiliki item ini. Dari perspektif pengunjung, konten di situs statis tidak akan berubah dari satu kunjungan ke kunjungan berikutnya. Namun, tergantung pada jadwal penerbitan pemilik blog, konten di blog akan menawarkan sesuatu yang baru setiap hari, minggu, atau bulan.
Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

1 komentar untuk "Pengertian Blog Singkat"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile