Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

 

18 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Beberapa orang merasa mudah untuk menurunkan berat badan, dan beberapa merasa sulit. Bagi mereka yang kesulitan menurunkan berat badan, terkadang melakukan hal tersebut mungkin terasa tidak berguna. Tapi tentu saja menyerah bukanlah solusi. Banyak cara menurunkan berat badan secara alami yang mudah dan simpel tanpa merasa stres dan beban. Kuncinya adalah menerapkannya secara konsisten dan penuh komitmen.


Menurunkan berat badan memang perlu bagi kita untuk memiliki berat badan yang ideal tentunya. Perlu diketahui bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah pandangan subjektif, maka berat badan adalah hal yang obyektif. Apakah menurut Anda siluet bentuk badan Anda tidak sempurna? Tunggu sebentar, bentuk tubuh Anda mungkin tidak sempurna untuk Anda, tetapi Anda bisa saja sempurna untuk mengukur berat badan.


Jadi, agar memiliki berat badan yang sempurna tanpa harus melalui jalur medis seperti ke dokter, sedot lemak, minum pil diet, Anda bisa mencoba cara-cara menurunkan berat badan secara alami. Ada 3 cara menurunkan berat badan secara alami


Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Diet


Cara menurunkan berat badan memang identik dengan kata diet. Ya, untuk bisa menurunkan berat badan, kita harus melalui proses diet. Namun diet disini bukan sekedar diet ekstrim yang tidak makan sama sekali sekedar untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Pola makan dengan perubahan pola makan yang drastis, terutama kurang makan, juga berisiko mengalami gangguan kesehatan. Meski bekerja keras, pola makan yang tidak sehat juga tidak membuat perubahan signifikan. Gunakan gaya hidup sehat untuk menjaga stabilitas berat badan ideal untuk waktu yang lama.


1. Tentukan tujuan


Tetapkan tujuan yang realistis sebelum dan selama diet. Jangan memanjakan diri dengan cepat menurunkan berat badan. Satu kilogram per minggu sudah cukup. Beberapa tujuan kecil juga harus ditetapkan, seperti tidak makan gorengan atau fast food.


2. Optimis


Selain menetapkan tujuan, tentunya Anda harus mengendalikan pikiran agar tetap sehat. Tetapkan sikap positif dan optimis, dengan berpikir bahwa Anda akan semakin kurus. Jangan membayangkan makanan yang akan merusak diet Anda selama berdiet.



3. Rajin bergerak


Anda adalah orang yang malas bergerak atau dalam sihir. Lebih baik tidak. Saat Anda malas beraktivitas, jelas tidak ada energi yang dikeluarkan dari tubuh. Untuk menjadi aktif, caranya sangat sederhana.


Misalnya dengan berjalan kaki. Daripada mengendarai kendaraan bermotor Anda kemana-mana, mulailah berjalan ke manapun. Jangan diam di depan komputer. Lakukan hal-hal yang kelihatannya sepele, seperti memarkir mobil jauh dari lokasi yang Anda tuju, jadi Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu tanpa menggunakan lift atau eskalator.


4. Perbanyak Minum Air Mineral


Air mineral penting bagi tubuh. Air mineral mendukung metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi ginjal, membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan bercahaya, serta meningkatkan kinerja otak.


Selain manfaat tersebut, air mineral dapat membantu menurunkan berat badan. Sebelum makan, minumlah satu gelas air mineral untuk mengurangi porsi makan.


5. Makan makanan berserat tinggi


Makanan tinggi serat antara lain kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan nasi merah.


Manfaat makanan berserat tinggi antara lain:


  • Mendukung proses detoksifikasi tubuh

  • Ini membantu Anda menurunkan berat badan

  • Menurunkan kolesterol tinggi

  • Membersihkan saluran pencernaan

  • Ini melindungi tubuh dari penyakit usus besar

  • Hindari timbunan lemak di pembuluh darah Anda

  • Kontrol kadar gula darah

  • Ini memperlambat penyerapan glukosa


6. Tingkatkan frekuensi makan, kurangi porsi makan


Banyak orang menemukan bahwa mengurangi frekuensi makan berat sepanjang hari akan membantu menurunkan berat badan. Padahal, anggapan itu salah. Orang yang makan dengan porsi besar, meski hanya menambah masalah baru satu kali. Cukup kurangi porsinya, misal Makan 3 sendok makan nasi dan lauk pauk, tapi tetap dengan frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi, tetaplah makan 3 kali sehari, tapi dalam porsi kecil.


Baca juga :


7. Hindari makan lebih dari jam 6 pada sore hari


Sarapan tentunya membutuhkan lebih banyak energi untuk hari itu, begitu juga dengan makan siang. Porsi makan siang harus lebih kecil dari sarapan. Sama seperti makan malam. Sejak aktivitas selesai, Anda tidak perlu lagi makan makanan berat. Nasi bisa diganti dengan apel. Dan jika Anda benar-benar ingin makan malam, jangan langsung tertidur setelah makan.


8. Hindari camilan yang tinggi gula


Hindari makan makanan yang tinggi gula. Bacalah tabel nutrisi pada setiap paket makanan ringan yang akan Anda makan atau minum.


Ada banyak risiko yang terkait dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih, di antaranya diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan makanan manis, obesitas, kerusakan gigi, dan penyakit lainnya. Hindari juga minuman bersoda karena mengandung banyak gula.



9. Minum air jeruk nipis di pagi hari


Jeruk nipis memiliki banyak khasiat kesehatan yang positif. Minum air jeruk nipis dengan segelas air hangat saat diet bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat.


Kalsium, yang kaya vitamin C, akan menyerap kalsium dalam sel lemak dan menurunkan berat badan.


Pola makan yang alami dan sehat tidak terlalu ketat dan melelahkan, namun tetap membutuhkan banyak komitmen untuk menurunkan berat badan secara teratur dan memiliki efek yang tahan lama.


Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Melalui Olahraga


Bagi Anda yang menentang kata olahraga, janganlah menyerah begitu saja. Anda tidak harus melakukan olahraga berat. Untuk menurunkan berat badan, ada banyak olahraga yang tidak terlalu berat.


Baik pria maupun wanita berlatih olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh sebagai cara menurunkan berat badan secara alami, cepat dan praktis.


10. Kardio


Kardio merupakan jenis olahraga yang mempengaruhi hampir seluruh bagian tubuh, seperti lari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Saat melakukan cardio, otot tubuh kita bekerja dengan otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan bahu.


11. Yoga


Yoga adalah olahraga yang berfokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India telah membuktikan bahwa yoga sangat membantu dalam membuang gas berlebih di perut, sehingga memperlancar pencernaan dan menghilangkan lemak perut.


Melatih dan menyelaraskan tubuh dan pikiran agar lebih rileks akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan hormon yang dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh. Mulailah berlatih yoga setiap hari selama 10-20 menit agar tubuh Anda dapat melakukan kerja sistem metabolisme secara optimal.



12. Sit Up dan push-up


Hal mudah lainnya adalah crunch/sit-up dan push-up. Namun tentunya harus dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Lakukan 10 sit-up dan 10 push-up. Tingkatkan intensitas latihan Anda setiap hari. Ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menimbulkan efek rasa kenyang.


Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dengan Cara Tradisional


Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk berolahraga, atau terlalu lelah setelah bekerja, Anda bisa mencoba cara-cara menurunkan berat badan secara alami menggunakan ramuan tradisional yang terbukti ampuh.


Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai tanaman herbal yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat secara turun temurun. Tanaman herbal kini tersedia dalam banyak kemasan siap makan dan juga digunakan dalam industri medis.


Tidak ada salahnya mencoba cara alami dan tradisional untuk menurunkan berat badan. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, tentunya ramah kantong.


13. Teh hijau


Cara alami dan tradisional pertama untuk menurunkan berat badan adalah dengan minum teh hijau secara teratur. Teh hijau dikenal dengan banyak khasiatnya. Teh hijau telah lama dipercaya menjadi salah satu cara efektif menurunkan berat badan.


  • Untuk manfaat maksimal, minumlah teh hijau secara teratur sebelum makan.

  • Selain itu, pastikan Anda meminumnya tanpa gula

  • Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat Anda makan, dan tentunya akan mengurangi porsi makanan Anda.


Teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda, termasuk metabolisme lemak, sehingga membantu Anda membuang lemak dari tubuh Anda. Selain itu, teh hijau kaya akan antioksidan yang berguna mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.


14. Teh jeruk nipis


Tidak hanya harus menggunakan teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampur air jeruk nipis. Bagaimana:


  • Siapkan kantong teh atau 3 sendok teh

  • 1 buah jeruk nipis

  • Segelas air panas

  • Seduh teh dan campur dengan air jeruk nipis.

  • Konsumsilah secara teratur.


15. Madu dan jahe


Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit. Madu juga bisa digunakan sebagai cara alami menurunkan berat badan. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak secara tidak langsung yaitu fruktosa. Sementara itu, jahe secara alami menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa dengan mudah mengurangi asupan makanan saat merasa kurang lapar.


Caranya cukup mudah. Berikut bahan-bahannya:


  • 3 sendok makan madu

  • 2 sendok makan jahe yang sudah diperas


Instruksi:


  • Campur keduanya dalam gelas dan tuangkan air panas ke atasnya.

  • Minum 2 kali sehari.


Info Tambahan


16. Air Lemon


Buah lemon mengandung kalium yang dapat digunakan untuk meningkatkan massa otot. Sebab, lemak jenuhnya di dalam tubuh akan lebih mudah terbakar. Cara makan lemon yang paling praktis adalah dengan memotong lemon menjadi dua dan memeras buahnya ke dalam air dingin.



17. Makan pisang di pagi hari


Makan pisang di pagi hari akan memudahkan Anda untuk merasa kenyang dan metabolisme pencernaan tubuh juga akan lebih lancar. Tahukah kamu Pisang masak juga bisa kamu jadikan sebagai masker wajah untuk kulit berminyak!


18. Tidur yang cukup


Waktu istirahat yang cukup penting untuk tubuh yang sehat. Selain itu, jika waktu istirahat dikurangi, tubuh akan lebih cepat merasa lapar. Jadi mau terus ngemil kan? Karena itu, cobalah tidur lebih awal minggu ini.


Ternyata Anda tidak perlu menyerah begitu cepat saat mencoba menurunkan berat badan. Memang, beberapa orang menawarkan metode untuk segera menurunkan berat badan. Namun, ada baiknya jika Anda mencoba penurunan berat badan secara alami terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu. Semoga bermanfaat.

Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "18 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile