Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapat Adsense Youtube

 

Cara Mendapat Adsense Youtube


Apa saja persyaratan pendaftaran AdSense YouTube? Bagaimana cara saya mendaftar ke YouTube AdSense? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.


Persyaratan sebelum mendaftar ke YouTube Adsense


YouTube Adsense menjadi salah satu sumber pendapatan yang paling menjanjikan, tak heran hampir semua YouTubeers mengaktifkan iklan AdSense di videonya. YouTube memberikan syarat sebelum Anda benar-benar dapat menghasilkan uang, yaitu akun tersebut diverifikasi, memiliki 1.000 subscriber, tidak melakukan spam, dan yang paling sulit adalah telah menerima streaming 4.000 jam dalam 12 bulan terakhir.


Eits! Jangan langsung tutup artikel ini, karena Anda dapat mendaftar ke YouTube AdSense menunggu total jam siaran akun Anda mencapai 4.000 jam.


Cara Mendapat Adsense Youtube-1


Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa persyaratan yang harus diketahui dan diperhatikan saat ingin memonetisasi YouTube dengan AdSense.


1. Diverifikasi

Proses verifikasi diperlukan jika Anda ingin mengupload video berdurasi panjang. Berapa jam video dianggap berdurasi panjang?


Dalam waktu kurang dari satu jam, YouTube menganggap video berdurasi lebih dari 15 menit sebagai video berdurasi panjang. Jadi jika Anda ingin mengirimkan video lebih lama dari waktu ini, harap verifikasi terlebih dahulu.


Proses verifikasi ini cukup mudah. Anda hanya membutuhkan nomor ponsel aktif yang akan digunakan untuk menerima kode verifikasi. Berikut langkah-langkah untuk memverifikasi akun YouTube Anda.


Verifikasi Akun YouTube: Buka Halaman Unggahan (1)


Langkah pertama adalah membuka halaman unggahan. Di bagian bawah halaman ini Anda akan menemukan opsi untuk memperpanjang durasi video yang diupload seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Kemudian klik “Increase your limit” atau "Tingkatkan batas Anda".


Cara Mendapat Adsense Youtube-2


Verifikasi Akun YouTube: Memilih Metode Verifikasi (2)


Langkah kedua adalah memilih metode verifikasi. Anda memiliki dua metode untuk dipilih: melalui pesan suara atau melalui pesan teks yang berisi kode verifikasi.


Cara Mendapat Adsense Youtube-3


Verifikasi Akun YouTube: Verifikasi (3)


Setelah menerima kode verifikasi, masukkan ke dalam formulir yang tersedia. Lalu klik "Submit/Kirim".



Jika ini berhasil, profil Anda akan bertuliskan "Partner Verified/Mitra Terverifikasi".


Sekarang setelah verifikasi selesai, Anda dapat mengupload video berdurasi lebih dari 15 menit. Lebih baik tidak menunda proses ini jika suatu hari mengupload video lebih dari 15 menit tidak memerlukan verifikasi.


Kemudian Anda dapat mengupload beberapa video yang ada sambil memenuhi persyaratan lain untuk memonetisasi YouTube dengan AdSense.


2. 4000 jam siaran/tayang

Akun Anda harus sudah memiliki 4.000 jam siaran sebagai persyaratan untuk mendaftar ke YouTube AdSense. Total jam siaran dihitung dari 12 bulan terakhir. Jadi Anda harus menghabiskan minimal 4.000 jam siaran selama setahun.


Oleh karena itu, Anda perlu memverifikasi dan mengupload video sebanyak mungkin. Semakin banyak video dan semakin lama durasinya (kemungkinan besar) akan mempercepat kondisi ini. Jadi jangan pesimis dulu karena semuanya pasti butuh cobaan.


Kondisi ini mungkin tidak segera teratasi selama satu atau dua bulan. Mungkin perlu beberapa bulan atau bahkan hampir satu tahun untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke YouTube AdSense. Sehingga suatu saat kondisi tersebut terpenuhi, tidak perlu menunggu dan mendaftar YouTube AdSense.


3. 1000 pelanggan/subscriber

YouTube memberikan syarat lain yang cukup sulit untuk mendaftar ke YouTube Adsense yang memiliki 1000 pelanggan. Angka tersebut hanyalah nol persen dari seluruh pengguna YouTube yang telah mencapai 1,8 miliar. Dengan begitu banyak pengguna mendapatkan (mungkin) sekarang 1000 pelanggan dapat dengan mudah, atau dapat dicapai dalam waktu singkat.



Eits! Tidak begitu mudah. Selain berbagi saluran yang Anda miliki dengan teman-teman Anda melalui media sosial, Anda jelas perlu menjaga kualitas video yang bagus dan menarik. Jangan sampai pengunjung yang membuka video yang Anda bagikan merasa bosan dan Anda tidak mendapat pelanggan (subscriber).


Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar dapat membuat konten yang menarik. Hal pertama, tentu saja, adalah keaslian konten. Konten yang baik adalah konten yang asli atau tidak dijiplak / bajakan. Anda harus membuat konten Anda sendiri (meskipun tidak sempurna). Ini akan lebih baik daripada menggunakan konten dari pembuat lain.


Selain plagiarisme, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk membuat konten yang menarik dan bagus, seperti: memberikan yang terbaik dalam 15 detik pertama, menyediakan konten yang memikat pengunjung untuk membuka video berikutnya, akurasi dalam memberikan data, menggunakan yang jelas dan sederhana. bahasa dapat dimengerti dan berbeda.


Maksimalkan konten Anda di awal dengan tutorial singkat ini. Kemudian perbaiki di konten berikutnya. Tidak masalah jika konten tersebut masih belum sempurna karena Anda masih bisa memperbaikinya di konten berikutnya. Jadi, jumlah 1000 pelanggan bukan tidak mungkin didapat dalam waktu singkat.


4. Hindari komentar spamming

Komentar spam dapat menghalangi proses pendaftaran YouTube AdSense. Mungkin Anda telah memenuhi semua persyaratan di atas. Namun, jika Anda terus mengirim komentar spam, permintaan Anda untuk akun YouTube AdSense dapat ditolak.


Saat Anda mendaftar ke YouTube AdSense, Anda tidak langsung mendapatkan akun AdSense. Ada beberapa proses verifikasi dan evaluasi yang perlu Anda lalui melalui tim YouTube. Biasanya, setelah beberapa hari, akan muncul pengumuman apakah akun Anda memenuhi syarat atau tidak.


Baik! Akun yang mengirim spam dalam komentar jelas akan menerima peringkat buruk, yang akan memengaruhi peringkat. Anda juga perlu mendaftar YouTube AdSense lagi.


Setidaknya ada empat faktor yang akan menentukan apakah permohonan akun YouTube AdSense Anda disetujui atau tidak. Setelah meninjau persyaratan monetisasi YouTube dengan AdSense, sekarang saatnya mempelajari cara mendaftar ke YouTube AdSense.


Cara mendaftar ke YouTube AdSense


Anda harus memiliki akun YouTube untuk mendaftar ke AdSense. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun YouTube.


Anda dapat membuat akun YouTube dengan akun Gmail Anda. Saya yakin sebagian besar dari Anda telah melakukan ini. Cukup buka www.youtube.com dan masuk dengan alamat email aktif Anda.



Setelah berhasil login ke YouTube. Hal pertama untuk mendaftar YouTube AdSense adalah masuk ke menu pengaturan. Untuk melakukan ini, klik "Ikon Profil» Pengaturan ".


Cara Mendapat Adsense Youtube-4


Menu tersebut akan membawa Anda ke halaman pengaturan.


Dari halaman ini, klik lagi "Ikon Profil Creator Studio" untuk membuka Panel Custom Studio.


YouTube Creator Studio adalah dasbor yang dikembangkan oleh Google untuk video pembuat konten di YouTube. Panel ini berisi kumpulan setelan yang membantu Anda mengelola video Anda dan akunnya.


Sekilas tentang panel YouTube Creator Studio


Panel YouTube Creator Studio memberi Anda akses ke moderasi komentar, kemampuan untuk mengupload video, akses cepat ke statistik analitis dan, tentu saja, pendaftaran YouTube AdSense. Panel ini juga berisi menu untuk mengupload dan mengatur video yang sudah disiarkan.


Kami akan membahas informasi rinci tentang panel ini di artikel berikutnya.


BAIK. Kembali ke cara mendaftar ke YouTube AdSense.


Anda dapat langsung mengajukan permohonan akun YouTube AdSense menggunakan panel ini meskipun Anda belum mengupload video. Di bagian Channel, klik "Fitur Lainnya» Monetisasi ".


Setelah membuka menu, Anda akan dibawa ke halaman Program Mitra YouTube. Halaman ini mencantumkan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendaftar ke YouTube AdSense. Cara mendaftar ke YouTube AdSense sendiri memiliki empat langkah.


  • Persetujuan Program Afiliasi YouTube,

  • Menautkan akun YouTube Anda dengan AdSense,

  • Tetapkan opsi penghasilan,

  • Periksa setelah mendapatkan 4.000 jam siaran dan 1.000 pelanggan.


Di bawah ini adalah penjelasan dari setiap langkah.


Langkah 1: Setujui Program Mitra YouTube

Anda akan melihat persyaratan perjanjian kebijakan yang berlaku saat Anda menggunakan Program Mitra YouTube.


Jika Anda setuju, Anda dapat memeriksa opsi yang tercantum di bawah ini.


Setelah selesai, klik "Saya Setuju" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.


Cara Mendapat Adsense Youtube-5


Anda dapat melewati "Kirimi saya email dengan opsi, pengumuman, dan tips yang dipersonalisasi untuk membantu mengembangkan channel saya". untuk tidak menerima informasi terbaru tentang Program Mitra YouTube melalui email.


Langkah 2: Menautkan akun YouTube Anda ke AdSense


Bagi Anda yang belum memiliki akun AdSense, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia juga opsi untuk membuat AdSense baru khusus untuk YouTube pada tahap ini.



Sedangkan bagi Anda yang sudah memiliki Adsense bisa langsung pasang. Anda tidak perlu mendaftar dari awal.


Anda kemudian akan dibawa ke halaman di mana Anda dapat menautkan YouTube ke akun AdSense Anda. Jika Anda tidak memiliki akun AdSense, Anda akan menerima petunjuk tentang cara membuat akun AdSense baru.



Pada form pertama, Anda harus memasukkan nama lengkap Anda dan informasi lain tentang akun yang akan dibuat. Ini termasuk memilih negara atau wilayah target.


Setelah mengisi formulir dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, klik "Buat Akun" untuk membuat akun AdSense.


Ini secara otomatis akan membuka halaman dashboard Google AdSense. Anda juga akan diminta untuk melengkapi beberapa informasi tentang akun yang akan dibuat, seperti nama dan alamat Anda.


Mendesak! Masukkan alamat dengan benar karena alamat ini digunakan oleh Google untuk mengirim kode verifikasi ketika saldo AdSense cukup untuk pembayaran.


Setelah selesai, klik "Kirim" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.


Pada tahap ini, Anda telah berhasil mengirimkan akun AdSense Anda ke Google. Anda hanya perlu menunggu hingga akun dapat digunakan.


Sambil menunggu, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu menyiapkan penayangan iklan pendapatan.


Langkah 3: Setel opsi monetisasi Anda


Langkah ini mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan setelah kiriman YouTube AdSense diterima.


Di halaman Monetisasi, klik "Mulai" di bagian "Setel Preferensi Monetisasi". Posisi iklan ini juga bisa menentukan seberapa besar uang yang bisa Anda dapatkan dari iklan yang ditayangkan di video tersebut.


Ada empat jenis iklan gambar, yaitu iklan gambar, iklan overlay, kartu bersponsor, dan iklan video yang dapat dilewati. Iklan video yang dapat dilewati dapat menghasilkan pendapatan yang besar dibandingkan dengan ketiga jenis lainnya. Di bawah ini adalah penjelasan dari setiap jenis iklan.


Display ads


Cara Mendapat Adsense Youtube-6


Jenis iklan ini muncul di sisi kanan layar. Mereka selalu muncul dari awal hingga akhir video diputar. Iklan ini hanya dapat ditampilkan ketika pengguna menggunakan komputer desktop.


Ada beberapa opsi untuk ukuran dan format foto dan animasi. Meskipun itu juga video, iklan bergambar tidak mendukung audio putar otomatis (tanpa audio), sehingga tidak mengganggu pemutaran video. Namun, biasanya pengunjung dapat mendengarkan audio dengan mengklik gambar animasi.


Overlay ads


Cara Mendapat Adsense Youtube-7


Overlay ads muncul di layar sehingga sedikit menutupi film yang sedang diputar. Berbeda dengan iklan bergambar, iklan jenis ini bisa ditutup secara manual jika diinginkan oleh pengguna, sehingga tidak terlalu mengganggu. Ukurannya kira-kira 480 × 70 piksel.


Sponsored cards


Cara Mendapat Adsense Youtube-8

Sponsored cards adalah salah satu jenis iklan baru di YouTube. Iklan ini menampilkan teaser untuk pengguna video. Setelah beberapa saat, cuplikan tersebut diganti dengan tampilan ikon kartu. Iklan ini muncul di pojok kanan atas video yang Anda tonton. Ikon ini memberi pengguna opsi untuk menutup atau mengklik untuk mendapatkan informasi lengkap tentang iklan yang ditampilkan.


Iklan ini hampir sama dengan iklan bergambar, hanya saja lokasi dan fungsinya sedikit berbeda. Kesamaan mereka adalah mereka mendorong pengunjung untuk mengambil tindakan lebih lanjut setelah iklan selesai (mengklik atau mencari informasi).


Skippable Video Ads


Cara Mendapat Adsense Youtube-9


Skippable video ads sering anda jumpai saat memutar video youtube. Iklan ini biasanya muncul di awal atau akhir video. Namun, di beberapa video, jenis iklan ini terkadang ditampilkan di tengah-tengah video.


Iklan ini berupa film dengan durasi yang bervariasi. Ada lima detik, ada yang sampai beberapa menit.


Meskipun memakan waktu lama, pengunjung dapat melewatinya dengan mengklik tombol "Lewati", yang biasanya muncul setelah lima detik.



Dari empat pilihan, Anda dapat memilih semua atau hanya satu. Saya sarankan menyesuaikannya dengan video yang sedang diputar. Jika Anda ingin segera menerapkan setelan ini ke semua video Anda, jangan lupa untuk mengaktifkan "Monetisasi semua film yang ada dan yang akan datang".


Tahap 4: Peninjauan setelah 4.000 jam penyiaran dan 1.000 pelanggan tercapai


Saat ini, Anda telah berhasil mendaftar ke YouTube AdSense. Anda hanya perlu menunggu informasi dikirim melalui email seperti yang dibahas di bagian sebelumnya.


Jadi sekarang yang perlu Anda lakukan adalah fokus untuk membuat konten terbaik untuk mendapatkan 4.000 jam tayang serta 1.000 pelanggan dalam waktu sesingkat mungkin.


Konten Anda secara otomatis akan dianggap memenuhi syarat atau tidak akan disertakan dalam Program Mitra YouTube berdasarkan hukum yang berlaku. YouTube akan mengirimkan keputusan akhir kepada Anda melalui email, yang biasanya membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan.


Pastikan video Anda dapat ditonton sehingga tim dapat melihat keseluruhan jumlah penayangan konten Anda: jika mereka tidak dapat menemukan konten publik yang cukup atau tidak mencapai 4.000 jam waktu tonton, mereka tidak dapat mempertimbangkan saluran Anda.


Apakah Anda siap untuk mendaftar ke YouTube AdSense?


Itulah penjelasan lengkap cara mendaftar YouTube AdSense. Tahapannya cukup sederhana untuk diterima oleh Adsense untuk YouTube. Anda hanya perlu mengikuti pedoman yang telah ditampilkan di dasbor YouTube Creator Studio. Hanya saja ada beberapa poin yang perlu diperhatikan karena cukup penting, seperti alamat AdSense yang harus diisi dengan benar dan sesuai.


Semoga melalui artikel ini Anda tidak hanya mengetahui tentang YouTube AdSense saja, tetapi juga memahami cara kerja AdSense dan tentunya persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Program Mitra YouTube.


Ada pertanyaan? Silahkan tinggalkan komentar melalui kolom yang tersedia.


Hikam Fajri ®
Hikam Fajri ® Gue Hikam Fajri orangnye suka ngopi. Hehe... Jika ada pertanyaan, kritik, atau saran bisa langsung hubungin gue ke alamat Email [email protected]

Posting Komentar untuk "Cara Mendapat Adsense Youtube"

Berlangganan via Email

close
close
Getfile